Insiden Memalukan Di Panggung Oscar

Posted by dedot on Wednesday, 20 March 2013


Academy Awards atau yang lebih populer dikenal juga dengan sebutan "Oscar" menjadi ajang bergengsi para selebrity dan industri perfilman. Mereka berharap akan mendapatkan piala oscar dari permainan akting ataupun penggarapan film. Dan selama ajang tersebut ada beberapa kejadian menarik atau insiden memalukan, mari kita simak insiden memalukan di atas panggung oscar ini.



1. Insiden Pria Bugil
David Niven tak tahu ada serangan di belakangnya.
Seorang penyusup berambut gondrong dan berkumis menyusup masuk dan berlari telanjang di atas panggung sembari membuat tanda "peace" dengan tangannya dalam ajang Oscar 1974
Untungnya presenter saat itu, David Niven, menyelamatkan acara dengan berkelakar, "Mungkin satu-satunya cara untuk orang itu supaya bisa tertawa adalah dengan telanjang seperti itu," ujarnya.
Apa pun alasannya, insiden tersebut telah diabadikan wartawan dan tersebar luas ke penjuru dunia.

2. Marlon Brando Memboikot Oscar
Aktor Marlon Brando memboikot Oscar meski ia sendiri keluar sebagai penerima piala di tahun 1972. Ia memilih untuk tak menghadiri acara dan mendelegasikannya pada wanita Indian bernama Littlefeather. Wanita tersebut datang dengan mengenakan busana tradisional suku Indian Apache.
Penolakan Marlon Brando ini didasarkan pada kekecewaannya akan perfilman Hollywood yang mendiskreditkan sosok suku Indian dalam perfilman. Entah benar atau tidak, kabar beredar bahwa Littlefeather bukanlah asli suku Indian.

3. Host Yang Gagal Melucu
Sudah jadi hukum tak tertulis bahwa setiap host Oscar wajib membawakan acara dengan segar dan penuh candaan cerdas. Dari sekian banyak host Oscar, yang paling parah dalam gagal melucu adalah David Letterman.  Host talk show ini berupaya untuk menggabungkan konsep acaranya dengan ajang sekelas Oscar. Hasilnya ia gagal total.
Guyonannya yang paling parah adalah ia meminta Tom Hanks membantunya menggelar karpet merah demi melakukan trik kecil untuk anjing peliharaannya. Ia nampaknya lupa bahwa seisi gedung berjalan di atas red carpet sebelumnya. Tak aneh jika mereka tersinggung akannya.

4. Tamu Istimewa Oscar
Ketika lagi Blame Canada dari film SOUTH PARK: BIGGER, LONGER, DAN UNCUT masuk jadi nominator untuk Lagu Terbaik, pelantun lagu tersebut, Matt Stone dan Trey Parker muncul dengan dandanan mengejutkan. Mereka mengenakan sepatu hak tinggi dan gaun ternama yang pernah dipakai tamu undangan Oscar tahun-tahun sebelumnya.
Tak ada yang tahan melihat Parker berjalan di atas red carpet dalam gaun hijau J-Lo sembari mempertontonkan dadanya yang berbulu.

5. Pelecehan Rat Pack
Kelompok Rat Pack sudah sangat melegenda di Hollywood sana. Kelompok yang terdiri dari Frank Sinatra, Dean Martin, Sammy Davis, Jr., Peter Lawford, dan Joey Bishop. Lantaran dua dari mereka tak bisa hadir pada malam itu, yakni Frank dan Dean, panitia Oscar 1987 sepakat untuk mengganti mereka dengan Dom DeLuise, Pat Morita, dan Telly Savalas. Rat Pack dadakan ini dipercaya menyanyikan lagu Fugue for Tinhorns. Hasilnya tak begitu bagus dan membuat penggemar Rat Pack merasa tersinggung.

6. Putri Salju Dan Pelaku Seks
Dalam Oscar tahun 1989, Rob Lowe tampil membuka acara dengan bernyanyi bersama aktris dalam kostum Snow White. Penampilan tersebut mendapat kritik karena dirasa tak cocok ditampilkan di ajang Oscar. Namun yang paling dikritik adalah imej Rob Lowe yang terjerat kasus video seks dengan gadis berusia 16 tahun.
Hadirin tentu merasa jijik dengan penampilannya dengan sosok putri Disney tersebut. Teguran langsung datang dari beberapa aktor/aktris seperti Julie Andrews, Paul New- man yang menyatakan bahwa penampilan tersebut adalah pelecehan dari sosok Snow White yang disukai anak-anak.

7. Insiden Terbaru!
Pidato kemenangan biasa dihiasi dengan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas piala Oscar yang diperoleh. Tapi tidak untuk kasus Melissa Leo yang menang Best Supporting Actress untuk perannya dalam THE FIGHTER. Secara tak sengaja ia melontarkan kata "FUCK" tepat di atas panggung Oscar yang saat itu disiarkan secara live dan ditonton jutaan orang.