Manusia Miliki Kemampuan "Tersembunyi" Seperti Kelelawar

Posted by dedot on Friday, 31 May 2013

Peneliti di University of Southampton, Inggris menemukan bahwa manusia memiliki kemampuan "tersembunyi" seperti yang dilakukan kelelawar. Studi yang dilakukan Daniel Rowan menunjukkan, manusia bisa menggunakan gema untuk membedakan lokasi objek.

Dilansir Scienceagogo, Selasa (21/5/2013), peneliti dari negeri Ratu Elizabeth ini menginvestigasi bagaimana seseorang yang buta dan pengidap gangguan visual bisa menggunakan echolocation.Echolocation bisa diartikan sebagai penentuan tempat dengan gema.

Biasanya, echolocation digunakan kelelawar dan lumba-lumba untuk menentukan lokasi objek. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Hearing Research.mengungkap bahwa manusia menggunakan "ruang pendengaran virtual" untuk menyelidiki efek dari jarak dan orientasi objek reflektif.

Kemampuan ini bisa mengidentifikasi apakah posisi objek tersebut berada di kiri atau kanan. Umumnya, hewan yang memiliki kemampuan echolocation menggunakan suara dengan bandwidthsdan durasi berbeda serta bermacam-macam manipulasi audio.

Ruang pendengaran virtual dibuat dalam ruang anechoic (tanpa echo), yang memungkinkan para peneliti untuk menghapus petunjuk posisi yang tidak berhubungan dengan gema seperti langkah kaki. Para peneliti juga menetapkan bahwa suara frekuensi tinggi (di atas 2 kHz) diperlukan untuk menentukan lokasi dengan baik.

"Kami menemukan bahwa kemampuan kita (manusia) menggunakan gema untuk menemukan sebuah benda akan cepat memburuk dengan meningkatnya jarak dari objek, terutama ketika objek tidak langsung berada di hadapan kita," jelas Rowan.





sumber